Rabu, 30 Mei 2012

Efek Tyndall

Efek Tyndall adalah penghamburan cahaya oleh larutan koloid, peristiwa di mana jalannya sinar dalam koloid dapat terlihat karena partikel koloid dapat menghamburkan sinar ke segala jurusan. Sifat pengahamburan cahaya oleh koloid di temukan oleh John Tyndall, oleh karena itu sifat ini dinamakan Tyndall. 

Efek Tyndall dapat digunakan untuk membedakan sistem koloid dengan larutan sejati. Partikel-partikel dalam larutan terlalu kecil untuk memantulkan cahaya, sehingga jalannya berkas cahaya dalam larutan tidak dapat dilihat. Sebaliknya, jika ada cahaya melalui sistem koloid, maka cahaya tersebut akan terlihat nyata. Partikel-partikel koloid akan menghamburkan cahaya itu ke segala arah meskipun partikel-partikel koloidnya sendiri tidak tampak. contohnya pada koloid kanji dengan larutan, sinar dihamburkan oleh system koloid tetapi tidak dihamburkan oleh larutan sejati hal ini dapat dilihat terdapat berkas sinar pada larutan. Koloid kanji memiliki partikel-partikel koloid relatif besar untuk dapat menhamburkan sinar dan sebaliknya larutan memiliki partikel-partikel yang relatif kecil sehingga hamburan yang terjadi sedikit kecil dan sulit diamati.
Contoh dalam kehidupan sehari – hari dapat diamati dari langit yang tampak berwarna biru atau terkandang merah/oranye, debu dalam ruangan akan terlihat jika ada sinar masuk melalui celah.
Seandainya bila terjebak di ruangbawah tanah berdebu yang gelap gulita pada siang hari, debu dalam ruangan akan terlihat jika ada sinar yang masuk melalui celah yang kecil. 
Hal serupa dapat terjadi bila kita terjebak di hutan tropis lebat pada pagi hari dimana kabut mengelilingi kita, sinar matahari akan tampak jelas menerobos sela-sela pepohonan.




Diskusi Kelompok!
1. Mengapa tidak terjadi gerak Brown pada larutan dan suspensi?
2. Jelaskan proses dialisis yang terjadi dalam pencucuian darah!
  




2 komentar:

  1. jefri rikson kaban6 Juni 2012 pukul 01.44

    tanyak donk,,
    kesimpula dri sistem koloid itu apa???
    terimakasih...
    :)

    BalasHapus
  2. eeehhhh, si jefri, pa kbr dek?

    sistem koloid itu suatu campuran yang keadaannya di antara larutan dan suspensi,masih ingat kan sifat larutan dan suspensi??

    koloid itu kelihatannya aja homogen (menyatu) tapi jika di amati dengan mikroskop ultra, zat terdispersinya terpisah dan menyebar di dalam zat pendispersinya jef, penyebaran zat terdispersi itu la yang bisa menghamburkan cahaya (effek tyndall)...
    ngerti adekQ?

    BalasHapus